Triah Blog for Fun

Memilih Judul Halaman dan Meta Tag

Selain semua teks, foto, ilustrasi, dan grafis lainnya yang akan muncul langsung di halaman situs Web, kita juga perlu membuat dua informasi yang penting, yaitu judul halaman yang unik dan meta tag, yang perlu kita masukan ke dalam kode HTML dari halaman situs web kita.

Judul Halaman

Judul halaman yang cukup jelas. Setiap halaman di situs Web perlu judul yang unik, yang ditempatkan tepat di bagian kepala atau head di kode HTML web kita, yang nantinya akan muncul di bar jendela browser.

Judul perlu mempresentasikan konten dari website atau blog kita. Sebaiknya pada setiap halaman cukup dengan menggunakan maksimal 70 sampai 80 karakter, termasuk huruf, angka, simbol, spasi, tanda baca, atau badan teks lainnya. Saat menulis judul halaman, aturan yang baik adalah dengan memasukan masing-masing dari “kata kunci” yang cenderung digunakan pengunjung ketika mencari halaman yang berisi informasi yang diinginkan.

Meta Tag

Meta tag adalah tag HTML khusus yang juga masuk ke dalam area kepala kode HTML pada halaman Web, informasi ini secara ketat digunakan oleh mesin pencari untuk meng-index halaman.

Sebenarnya banyak jenis meta tag yang dapat ditambahkan ke halaman HTML, tapi ada dua tag yang harus ditempatkan pada setiap halaman situs - meta deskripsi dan kata kunci meta:

  • Meta Description: adalah salah satu meta tags yang sangat penting bagi website atau blog, bahkan kini mungkin menjadi satu-satunya meta tag yang memiliki bobot besar bagi search engine. Meta description berfungsi sebagai pemuat meta informasi yang mendeskripsikan isi halaman website atau blog. Meta deskripsi ini juga menjadi bagian dari snippet deskripsi di hasil pencarian Google. Oleh karena itu, menggunakan dan mengoptimalkannya secara tepat akan menambah kekuatan SEO website atau blog di search engine, atau setidaknya menjadi alat bagi website atau blog untuk menarik pengunjung dari search engine.

  • Kata kunci: Mungkin banyak Web crawler mengabaikan meta tag ini, tetapi beberapa orang masih menggunakan informasi ini. Kata kunci harus mencakup kata-kata atau frasa singkat yang akan sangat membantu ketika mencari web kita. Kata kunci (dan / atau frase kunci) harus dipisahkan dengan koma baik dengan atau tanpa spasi, seperti “roti, kue, pie.” Atau “roti, kue, pie.” Tempatkan tujuh kata yang paling penting di urutan pertama.

Sebagai catatan. Jika tidak salah, tag XHTML harus menggunakan huruf huruf kecil. Lihat kalimat terakhir di Common HTML Validation Problems.

Berikut adalah contoh penulisan judul halaman dan meta tag:

<Title>Memilih Judul Halaman dan Meta Tag</ title>

<Meta name="keywords" content="CSS, eCommerce, Joomla!, WordPress" />
<Meta name="description" content="tutorial  tentang CSS, eCommerce, Joomla!, WordPress, dll untuk pemula"/>
<Meta name="author" content="Triah.com" />
<Meta name="ROBOTS" content="ALL" />`